Senin, 14 Mei 2012

Export Wordpress Ke Blogger

Assalamu'alaikum..
Saking inginnya mengambil semua artikel dari blog wordpress ke blogger, ternyata ada cara yang sangat mudah. Situs http://wordpress2blogger.appspot.com/ sudah menyediakan fungsi tersebut. Saya sudah mencobanya dan hasilnya 80 % untuk artikel bisa dipublish. Hanya saja untuk komentar-komentar tidak bisa dipublish dengan benar. Tapi itu tidak masalah, karena saya ingin bener-bener fokus ke blogger.

Cara agar semua artikel dapat bisa diambil dan diexport ke blogger adalah sebagai berikut :
  1. Login ke wordpress dengan akun kita.
  2. Lalu pilih menu Perkakas --> Export. Ini berfungsi untuk mengambil semua postingan di wordpress dan segala komentarnya. Lalu klik download. Kebetulan interface saya berbahasa Indonesia sehingga kurang  tahu kalau dalam menu bahasa inggirisnya. Menu perkakasa ada di sebelah kiri.
  3. Sesudah file tersebut diexport. Ekstensi file tersebut .xml.
  4. Kunjungi situs  http://wordpress2blogger.appspot.com/ ini.
  5. Klik pilih berkas atau choose file. Pilih file tadi yang sudah kita ambil dari situs wordpress. Dan klik tombol convert.
  6. Hasil konversi dari XML dari wordpress ke Blogger bisa langsung didownload.
  7. Masuk ke user Blogger kita, lalu pilih menu Settings --> Other --> Blog Tools --> Import. Pilih file hasil konversi tadi. Selanjutnya instruksi selanjutnya Import Blog.
  8. Selesai, sekarang kita edit-edit deh semua artikel yang sudah diposting di wordpress.
Jujur, menggunakan wordpress sangat berat bagi internet saya. Entah kenapa mungkin server lokal wordpressnya belum ada di Indoesesia :D . Maka dari itu saya pakai blogger. Lebih ngacir deh. hehehe... Disamping itu menu backend dari blogger lebih mudah sekarang, hampir menyamai menu-menu gmail yang baru pula. Salut buat Google .... 
Oke sekedar sharing informasi saja, semoga bermanfaat.

Keep Simple ...
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

0 komentar:

Posting Komentar