Rabu, 16 Mei 2012

VMware Technology Day 2012 - Datacenter Virtualisation

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Paradigma event gratis biasanya menyisakan suatu pendapat bahwa materinya tidak berkualitas atau bahkan acaranya disebut abal-abal. Tapi tidak dengan event satu ini. VMware Technology Day 2012 diselenggarakan secara gratis alias free kemarin. Tempatnya pun bergengsi, tidak tanggung-tanggung diadakan di Hotel Mulia. Event ini mengangkat tema Cloud Computing -  Datacenter Virtualisation vSphere Technical Deep-Dive. Saya pun baru pertama mengikuti event yang diadakan di empat negara ini. Negara itu antara lain adalah Malaysia, Singapura, Indonesia, dan Thailand. Event ini pula ternyata berskala Asia Pasifik. Tak heran main speakernya adalah dari luar alias memakai bahasa inggris dalam menjelaskan materinya. Cukup membuat geleng-geleng juga, maklum bahasa inggris saya masih pasif :D .

Pada pagi hari persiapan berangkat sudah disuguhi dengan 'sarapan' Jakarta. Apalagi kalau bukan dengan macetnya. Berangkat dari Depok bertemu macet di Tanjung Barat dan Mampang. Membuat kesal juga sih, kalau terus-terusan macet. bisa tua di jalan dan stress saya. Tapi cukup untuk pengalaman hari itu dan saya tidak sendiri datang ke event ini. Berdua dengan partner saya di sekolah.


Alhamdulillah bisa sampai dengan selamat ke acara ini. Ada 4 stan Partners VMware yang hadir di acara ini, yaitu EMC, NetApp, TrendMicro dan Cisco. Semuanya memberikan souvenir kecuali cisco :) .

Beberapa pembicara yang mengisi acara ini sesuai agenda kegiatan antara lain :
  • Andreas Kanagawa, selaku Country Manager VMware Indonesia yang nyentrik dengan pengantar acara dalam 2 bahasa.
  • Jon Robertson, sebagai General Manager South East Asia VMware ASEAN yang lucu pada saat closing tentang virtual infrastructure overview.
  • Vath Lee (seharusnya Denny Daniel, tetapi berhalangan hadir karena sakit), sebagai Senior Technical VMware yang memberikan pemahaman tentang kegunaan dan fitur dari vSphere hingga akhir acara.
  • Antonius Hutabarat, perwakilan dari EMC sebagai Technology Consultant Manager yang berceramah tentang Datacenter Storage Fundamentals.
  • Yudi Wiradarma, TSO Lead NetApp yang memberikan persentasi tentang Achieving 'Always On' VMware Infrastructure - vSphare on ONTAP Cluster Mode.
  • Aulia Huriadi, sebagai Bussiness Manager Indonesia TrendMicro yang dengan gaya khas dan kocak memberikan materi Securing Your Journey to the Cloud.
Secara keseluruhan acara ini dapat diacungi 4 jempol (bukan hanya jempol tangan tapi juga kaki hehehe...). Saya pun terasa terhormat dapat mengikuti acara ini. Bukan hanya materinya yang berbobot tapi juga desain acaranya yang dilakukan secara on time. Membuka pemahaman saya tentang dunia virtualisasi dalam era cloud computing. Tapi sayang sekali, semua yang dipresentasikan berbasis Propriterary Software. Wajar mungkin karena yang diincar adalah kalangan pebisnis enterprise. 
Doorprize yang disediakan pun cukup membuat 'wah' saya. Terdapat 3 tiket gratis untuk mengikuti pelatihan sertifikasi vSphere ini serta tak kalah menariknya adalah Galaxy Note, Nitendo Wii, dan iPad sebagai hadiah hiburan penutup.
Oke sebagai informasi tambahan di bawah ini adalah hasil jepretan android saya tentang acara ini. Maaf agak burem, maklum resolusi kameranya kecil.















0 komentar:

Posting Komentar